Thursday, 16 April 2015

Taktik persaingan Bisnis

     Perencanaan Strategi adalah suatu perencanaan komprehensif yang menetapkan bagaimana korporasi akan mencapai misi, strategi, dan tujuannya. Sementara taktik adalah suattu perencanaan opersional yang secara spesifik menetapkan bagaimana suatu sttrateggi dapat diimplementasikkan secara konkret dengan menyatakan kapan dan dimana pelaksanaannya serta tindakan tindakan operasional apa yang akan dilaksanakan.

     Kegiatan Taktik meliputi :

1. TaktikWaktu
  • perusahaan bergerak cepat menjadi yang pertama, mendahului pesaing
  • perusahaan bergerak belakangan , mmengikuti dan memperhatikan tindakan pendahulunya.
2. Taktik Lokasi
    
     A. Menyerang (offensive)
         Taktik  menyerang dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu : 
  • Menyerang secara frontal  : kegiatan penyerangan ini dilakukan di seua segmen dan produk                                                    lini.
  • Meyerang dalam bentuk manuver melambunng  : Kegiatan penyerangan ini dilakukan dengan                                                 cara mencari kelemahan pangsa pasar pesaing.
  • Menyerang dalam bentuk pengepungan :  kegiatan penyerangan ini bersifat mengepung lawan                                         yaitu dengan cara memperluas produk lini dan meningkatkan pelayanan                                        di semua segmen pasa pesaing.
  • Menyerang dalam bentuk mememotong : Kegiatan penyerangan ini dimulai dengan melayani                                          konsumen yang tidak teralayani oleh pesaing dalam produk sejenis.
  • Menyerang Gerilya :  kegiatan penyerangan ini dilakukan dengan cara gerilya , yaitu                                                      menyerang  di titik kelemahan pesaing dan menghindari persaingan                                              frontal. Penyerangan  secara gerilya ini dilakukan secara konsisten.
     B. Bertahan (Defensive)
  • Melakukan kegiatan pembatasan struktural, seperti mempersulit masuknya pendatang baru, atau mempersuit mobilitas pesaing yang sudah ada.
  • Meningkatkan kemampuan pembalasan dengan cara memperkenalkan kepada konsumen rencana - rencana perusahaan , kekuatan produk - produk lini, pasar sasaran , dan sebagainya.
  • mengurangi daya tarik industri , misalnya dengan membuat pasar  menjadi tidak menarik bagi pesaing. Contohnya, membuat harga pasar sedemikin rendah sehingga tidak menarik bagi pesaing.

Sumber  dari buku   : Analisis SWOT TEKNIK MEMBEDAH KASUS BISNIS oleh Freddy                                                   Rangkuti

No comments:

Post a Comment